Pekerjaan
yang lebih baik tidak saja akan memberi pendapatan lebih, tapi juga kesehatan.
"Jika Anda menyukai pekerjaan Anda, maka Anda seolah punya lima hari
tambahan setiap pekan," kata Devora Zack, penulis “Networking for People
Who Hate Networking”. Terapkan langkah berikut, dan Anda akan menikmati waktu
Anda di kantor, tidak peduli berapa lama waktu kerja Anda.
1. Jaringan, jaringan,
jaringan.
Ini
bukan hanya untuk para penganggur. "Jaringan adalah kunci membuka kesempatan,"
kata Holly Paul, bos rekrutmen di PricewaterhouseCoopers. Manfaat memiliki
jaringan: mengetahui peluang baru yang menarik minat Anda dan menemui
orang-orang yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan.
Jadi bagaimana Anda melakukannya? Apa saja, tapi Zack merekomendasikan untuk mengundang satu atau dua rekannya yang tidak bekerja satu tim dengan Anda untuk minum kopi atau makan siang dan belajar tentang pekerjaan mereka.
Jadi bagaimana Anda melakukannya? Apa saja, tapi Zack merekomendasikan untuk mengundang satu atau dua rekannya yang tidak bekerja satu tim dengan Anda untuk minum kopi atau makan siang dan belajar tentang pekerjaan mereka.
2. Hindari gosip.
Bahkan
jika Anda mengetahui kalau kepala departemen iklan mengenakan gaun paling jelek
sedunia atau Anda menduga pria di ruang surat itu mengencani wanita di sudut
kantor, simpan semuanya untuk diri sendiri. “Mengetahui hal itu bukan berarti
Anda harus mengatakannya kepada orang lain," kata Shawnice Meador, direktur
Career Management and Leadership Development di University of North Carolina's
Kenan-Flagler School of Business di Chapel Hill.
"Jika
Anda bukan bagian dari solusi, maka Anda adalah bagian dari masalah, dan itu
buruk bagi karier dan kesehatan mental Anda," kata Lynne Sarikas, Direktur
Northeastern University's MBA Career Center di Boston. Itu karena gosip dapat
menyebabkan Anda dianggap kurang dapat dipercaya oleh rekan kerja. Sebaliknya,
katakan pujian ketika merasa tergoda untuk berbuat negatif atau ingin
menyampaikan gosip.
3. Perbaharui resume
Anda.
Membuat
perubahan pada CV dapat menjadi bagian latihan penilaian diri yang sangat tepat
dilakukan pada awal tahun baru. "Mendokumentasikan prestasi membuat Anda
merasa lebih baik dengan apa yang telah Anda lakukan," kata Paul.
"Dan tahun-tahun berlalu dengan cepat, sehingga siapkan stok lebih awal
daripada nani-nanti."
Anda
dapat secara terpisah membuat daftar hal-hal yang tidak bisa dan ingin
dilakukan pada akhir tahun. Dengan meninjau resume Anda setiap bulan, akan
membuat Anda dengan cepat mengingat keberhasilan dan mendukung prestasi itu
secara spesifik di atas kertas.
4. Pertimbangkan soal
perubahan.
Jika
Anda tidak bahagia, mungkin sudah saatnya untuk membuat perubahan — internal
maupun eksternal. Saran Zack: Buat daftar tentang apa yang ingin Anda mulai,
hentikan dan lanjutkan. Kemudian, Anda dapat secara aktif bekerja mengubah
tempat kerja atau tanggung jawab.
Namun manfaatkan peluang yang menggabungkan gairah dengan kekuatan Anda, ujar Amanda Agustinus, Job Search Expert for TheLadders. "Mungkin sedikit terlambat untuk menjadi balerina primadona, tapi bukan berarti Anda tidak dapat memanfaatkan keterampilan dan pengalaman yang ada dalam industri tari."
Namun manfaatkan peluang yang menggabungkan gairah dengan kekuatan Anda, ujar Amanda Agustinus, Job Search Expert for TheLadders. "Mungkin sedikit terlambat untuk menjadi balerina primadona, tapi bukan berarti Anda tidak dapat memanfaatkan keterampilan dan pengalaman yang ada dalam industri tari."
5. Terus gali wawasan
Anda.
Sebagian
besar organisasi memiliki panel diskusi online dan kelompok pengembangan
keahlian, jadi cobalah ikut ambil bagian dan temukan hal-hal baru, orang-orang
baru dan bahkan mungkin peluang baru. Terus belajar akan membantu Anda menjadi
seorang ahli di bidangnya.
Bahkan bekerja dengan organisasi nirlaba dan magang yang tidak dibayar memungkinkan Anda mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, kata Sarikas. Tidak punya waktu atau uang untuk melakukannya secara rutin? Zack menyarankan agar Anda menghadiri beberapa seminar gratis sepanjang tahun.
Bahkan bekerja dengan organisasi nirlaba dan magang yang tidak dibayar memungkinkan Anda mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, kata Sarikas. Tidak punya waktu atau uang untuk melakukannya secara rutin? Zack menyarankan agar Anda menghadiri beberapa seminar gratis sepanjang tahun.
6. Katakan, "terima
kasih."
Tahun
ini, luangkan waktu untuk mengenali orang-orang yang membuat pekerjaan Anda
lebih mudah dan telah membantu Anda menemukan sukses dalam karier. Terkadang
kita lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih, tapi "orang-orang
menghargai jika mereka dihargai," kata Zack.
Dia mengatakan bahwa dengan membuat ucapan terima kasih tertulis sangat dihargai, sehingga cobalah menyimpan notes di meja Anda dan tulis tangan setiap bulan atau lebih. Entah Anda berterimakasih kepada seseorang atas waktu yang mereka berikan atau berhubungan kembali dengan seseorang yang dulu pernah memberikan dukungannya, terangkan dengan spesifik dan jelas tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana bantuan mereka berguna bagi Anda.
7. Ceritakan tujuan Anda.
Dia mengatakan bahwa dengan membuat ucapan terima kasih tertulis sangat dihargai, sehingga cobalah menyimpan notes di meja Anda dan tulis tangan setiap bulan atau lebih. Entah Anda berterimakasih kepada seseorang atas waktu yang mereka berikan atau berhubungan kembali dengan seseorang yang dulu pernah memberikan dukungannya, terangkan dengan spesifik dan jelas tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana bantuan mereka berguna bagi Anda.
7. Ceritakan tujuan Anda.
Anda
tidak bisa berkembang dalam perusahaan jika tidak berbagi aspirasi dengan
atasan. Tinjauan tahunan adalah waktu yang tepat agar aspirasi Anda
tersampaikan, kata Agustinus. Kembangkan rencana pertumbuhan dengan manajer.
"Sepakati harapan kerja terukur dan spesifik serta pastikan untuk
melakukan pertemuan secara rutin untuk membahas arah karier yang ingin Anda
tempuh," kata Meador.
8. Menjadi mentor.
8. Menjadi mentor.
Berbagi
apa yang Anda pelajari sepanjang karier dapat memberikan manfaat, sehingga
tahun ini, temui seseorang yang baru memulai, yang dapat Anda bimbing secara
profesional. "Membantu mereka akan membuat Anda merasa lebih baik, dan
Anda akan membuat diri sendiri lebih bertanggung jawab untuk menjadi panutan
yang positif," kata Sarikas.
Lakukan
setidaknya sekali dalam sebulan dan gunakan pengalaman Anda agar membuat
pekerjaan mereka berhasil dan memberikan tantangan.
9. Menjaga (atau
menjelajahi) keseimbangan kehidupan dan kerja.
Berniatlah
untuk membuat perubahan agar membawa keselarasan yang lebih baik, kata Sarikas.
Dia menyarankan kencan malam rutin yang terjadwal dengan pasangan dan
menyiapkan malam tertentu dalam sepekan untuk makan malam keluarga atau
menonton film sendiri. Anda juga bisa menjelajahi jadwal kerja yang lebih
fleksibel (bekerja dari rumah pada satu kesempatan, datang lebih awal untuk
pulang lebih awal), kata Agustinus, tetapi pastikan untuk "melakukan
penelitian dan mengembangkan sebuah proposal untuk didiskusikan dengan manajer
Anda." Dia mungkin bisa menyetujuinya: Jauhi diri dari meja kerja untuk
melakukan hal yang memberikan energi dan akan meningkatkan efisiensi harian
Anda.
10. Jatuh cinta lagi
dengan apa yang Anda lakukan.
Merupakan
hal yang umum saat pekerjaan Anda tidak menarik lagi setelah beberapa saat,
tetapi Anda harus "mengenali kapan itu terjadi dan putuskan apa yang harus
dilakukan selanjutnya," kata Agustinus.
Tentukan masalah dan selesaikan dengan manajer Anda atau buatlah perubahan yang serius. Sebelum Anda membuat gerakan tiba-tiba, Agustinus menyarankan agar menjelajahi akar masalah selama beberapa pekan. Sarikas menyarankan agar mengingat alasan Anda mengambil pekerjaan itu. "Nikmati apa yang Anda sukai dalam pekerjaan," katanya. "Jika Anda jatuh cinta kembali dengan pekerjaan, Anda akan lebih produktif dan sukses."
Tentukan masalah dan selesaikan dengan manajer Anda atau buatlah perubahan yang serius. Sebelum Anda membuat gerakan tiba-tiba, Agustinus menyarankan agar menjelajahi akar masalah selama beberapa pekan. Sarikas menyarankan agar mengingat alasan Anda mengambil pekerjaan itu. "Nikmati apa yang Anda sukai dalam pekerjaan," katanya. "Jika Anda jatuh cinta kembali dengan pekerjaan, Anda akan lebih produktif dan sukses."
sumber :http://id.she.yahoo.com/10-cara-mengembangkan-karier-di-2013.com
0 comments:
Posting Komentar