Selasa, 07 Mei 2013

Tugas Softskill Ilmu Budaya Dasar


Nama : Christia Stevani
NPM   : 19112166
Kelas   : 4KA34


Tema Kasus : Hubungan antara anak & ibu yang menjelaskan bahwa anak tersebut sedang berselisih dengan ibunya selama bertahun-tahun karena ibu tersebut yang menyebabkan hubungan anaknya hancur dengan teman dekatnya.

Artikel :
Ada dua orang anak yang sudah bersahabat lama yaitu Sarah dan Elsa. Sarah duduk di bangku kelas 1 SMP sudah berteman baik dengan Elsa. Persahabatan mereka sangat kuat karena mereka sudah berteman sejak mereka di bangku Sekolah Dasar(SD). Sarah dan Elsa bahkan setiap malam mereka selalu belajar di rumah Elsa, Namun Sarah membuat sebuah kesalahan karena setiap kali dia keluar dengan Elsa dia tidak pernah izin dengan Ibu nya. Kemudian Ibu nya dirumah pun berpikir macam macam tentang Sarah bahkan sampai berpikir jika anak nya sudah ada di pergaulan yang buruk.

Suatu hari ibu nya mengajak Sarah untuk berbicara dua mata dan menyuruh Sarah untuk menjauhi Elsa namun Sarah pun menolak keras perintah ibu nya itu dan menjelaskan apa yang sebenar nya terjadi bahwa ia keluar malam untuk belajar bukan untuk kegiatan yang negatif namun ibunya tetap saja tidak percaya pada nya dan tetap pada pendirian untuk menyuruh Sarah menjauhi Elsa.

Keesokan hari nya Sarah menceritakan apa yang di katakan ibu nya kepada Elsa dan saat di ceritakan Elsa tidak menerima apa yang di katakan oleh ibu nya Sarah dan dia marah kepada Sarah, dari kejadian itu Sarah pun menjadi sangat kesal kepada ibu nya dan ia pun tidak berbicara sama sekali dengan ibu nya sampai beberapa tahun dan dari ibu nya pun hanya ngotot dengan asumsi nya sendiri dan mendiamkan balik Sarah.

Pertanyaan :
1. Komentari tulisan tsb menurut anda.
2. Berikan solusi utk kasus tsb.

Jawab :
1.      Komentar :
Menurut saya wajar saja jika seorang ibu mengkhawatirkan pergaulan anaknya karena dizaman sekarang ini pergaulan di kalangan muda sudah sungguh sangat memprihatinkan. Oleh karna itu  kita seorang anak harus memperkenalkan teman” yang bergaul dengan kita karena agar tidak terjadi kesalah pahaman dengan ibu kita wajar lah seorang khawatir dengan pergaulan anaknya karena sudah menjadi hal yang lumrah seorang ibu ingin melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan berguna bagi banyak orang jika orang tua kita tau kita bergaul dengan siapa dan asal usul anak yang bergaul dengan kita pun jelas seorang ibu tidak akan khawatir karena ia tau siapa saja yang bergaul dengan kita dan apa saja yang akan kita lakukan dengan teman” kita.

2.       Solusi nya :
*      Menurut saya, kita harus menjelaskan dan membuktikan kepada orang tua bahwa pergaulan yang kita pilih adalah hal positif.
*      Mebangun komunikasi antara kita dan ibu kita agar tidak ada saling curiga atau salah paham.
*      Memperkenalkan siapa saja teman teman kita kepada orang tua kita agar ibu kita tau dengan siapa saja kita bergaul dan apa saja yang kita lakukan
*      menjalin kepercayaan anatara anak dan ibu karena kepercayaan adalah hal yang paling penting di dalah suatu hubungan
*      Perbanyak ibadah agar kita bisa mengontrol diri kita agar tidak terjadi konflik yang diakibatkan karena emosi.



0 comments:

Posting Komentar