Selasa, 01 Januari 2013

Tugas Softskill Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar
Nama : ChristiaStevani
NPM : 1912166
Kelas : 4 KA 34
TUGAS SOFTSKILL - 1
Adapun format tugas berisi

1.Data pribadi
Dalam dunia pendidikan khususnya sebuah perguruan tinggi akan menghasilkan tenaga ahli yang memiliki tiga jenis kemampuan yaitu:
  1. Kemampuan personal/kemampuan kepribadian
  2. Kemampuan Akademi
  3. Kemampuan Profesional
Atas dasar tersebut, anda sebagai tenaga ahli di minta membuat sebuah argumentasi terhadap tiga kemampuan tersebut di atas?
2.Isi Tugas 3 Kemampuan sebagai tenaga ahli
3.Target apa yang akan dicapai 5 tahun ke depan 

Jawaban:
Data Pribadi
Nama saya ChristiaStevani, saya sekarang berusia 21 tahun, mahasiswa lanjut S1 yang baru saja lulus D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma, Kalimalang. Sekarang saya telah bekerja disebuah Perusahaan BUMN yaitu Bank Mandiri sebagai seorang teller. Tempat saya bekerjadi bank Mandiri cabang Granmall. Saya lahir di Jakarta, saya anak kedua dari 3 bersaudara dari orang tua yang kedua- duanya berasal dari Sumatra Utara,Medan.

Ada 3 Kemampuan sebagai tenaga ahli:
1.      Kemampuan Personal
Kemampuan personal atau kemampuan kepribadian. Setiap personal memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Beberapa contoh kemampuan personal yang ada pada diri saya yaitu:
·      1. Bertanggung jawab artinya jika saya diberikan suatu pekerjaansaya harus menyelesaikannyasamai selesai dengan semaksimal mungkin kemampuan saya.
·     2. Jujur artinya dalam mengerjakan pekerjaan sayaselalu mengutamakan kejujuran dan menghindari segala kecurangan.


2.      Kemampuan Akademik
Kemampuan akademik merupakan suatu prestasi yang dicapai mahasiswa yang dinyatakan dengan nilai akhir untuk setiap kegiatan akademik mahasiswa. Hal hal tersebut yang perlu dimiliki adalah:
  • Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan
  • Menguasai peralatan analisis maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis
  • Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi
  • Mampu menawarkan alternative pemecahannya Ilmu Sosial Dasar

Pada kemampuan Akademik, saya mampu mengikuti aturan sekolah dari semenjak  SD sampai dengan SMA dengan baik. Sewaktu di bangku sekolah saya juga selalu mendapatkan peringkat di kelas. Ketika dibangku kuliah saya pernah mengikuti sebuah lomba Develoment Manajemen Informatika yang diadakan oleh Ketua Program Bidang Studi saya dan saya berhasil mendapatkan juara 2. Dalam perkuliahan saya, saya juga mampu menyelesaikan pendidikan saya di D3 dengan tepat waktu dengan membuat sebuat Aplikasi Sistem Informasi Obyek Wisata Yogyakarta dengan menggunakan J2ME  dan ketika saya di wisuda mendapatkan gelar mahasiswa berprestasi dalam satu angkatan saya.

3.      Kemampuan Profesional
Kemampuan Professional adalah Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya. Profesional menunjuk pada dua hal, yaitu: orang yang menyandang profesi dan penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan profesinya.

Kemampuan Profesionalisme yang ada pada saya saat ini yaitu walaupun saya baru saja benar-benar terjun kedalam dunia kerja, saya memilki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibebankan pada saya meskipun itu adalah pekerjaan yang baru bagi saya. Saya selalu berusaha untuk selalu belajar walaupun itu merupakan bidang baru buat saya. Dengan banyak belajardan mencatat serta bertanya kepada orang yang lebih senior saya yakin sangat mebantu saya menyelsaikan pekerjaan saya dengan baik dan sesuai harapan atasan. Juga berusaha semaksimal mungkin atas pekerjaan yang dibebankan kepada saya. Ketika saya diminta untuk membantu teman saya yang membutuhkan bantuan saya,saya akan berusaha ntuk membantu nyasebisa kemampuan saya.

Target yang akan dicapai 5 tahun kedepan:
  1. Ingin mencapai jenjang karir yang lebih tinggi lagi dari posisi sekarang
  2. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan kepribadian saya.
  3. Mengembangkan Perusahaan tempat saya bekerja saat ini.
  4. Harus bias mandiri/mapan secara ekonomi dengan kemampun sendiri. 
  5. Memenuhi harapan orangtua. 
  6. Melanjutkan jenjang perkuliahan S2

Source:

0 comments:

Posting Komentar