Kamis, 11 November 2010

Tugas Softskill


Nama : Christia Stevani
Kelas : 2 DB14
NPM  : 36109544

Tugas

1.      Suatu perusahaan manufaktur baru akan membangun suatu system informasi computer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan sistem informasi akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan.

2.      Suatu perusahaan indo almunium (IA) yang memproduksi almunium lembaran dan batangan , mempertimbangkan untuk menempatkan terminal-terminal pada pabrik pelanggannya. Terminal tersebut akan di hubungkan pada computer pusat di IA dengan kemampuan mengakses sistem inventarisasi , data pesanan dan perhitungan penerimaan. Para pelanggan bisa menggunakan terminal untuk mengetahui apakah IA mempunyai persediaan tertentu melakukan pesanan&mengetahui jumlah utangnya pada IA. Pada tingkat sistem informasi apakah kegiatan tersebut berada?
Apakah anda pikir dengan fasilitas dapat memberikan dampak keuntungan strategis bagi IA di bandingkan dengan lain-lain perusahaan almuniunm?

Jawab

1. Pada dasarnya suatu Perusahaan Manufaktur adalah mengelolah barang mentah sampai   menjadi bahan jadi. Dilihat dari kondisi diatas yang dalam perusahaan tersebut baru akan membangun suatu sistem komputersa Menurut pendapat say abahwa untuk suatu perusahaan baru yang terpenting adalah sistem yang mutlak dipakai dalam perusahaan tersebut yaitu membangun sistem pemesanan, produksi dan sistem untuk pengolahan bahan mentah karna dengan adanya berikut akan sangat membantu perusahaan tersebut maju dan berkembang pesat. Jika sistem produksi perusahaan tersebut bagus, sistem delivery ordernya diakui serta sistem pengolahan bahan mentahnya berkualitas, maka akan akan banyak konsumen percaya dan menjatuhkan pilihannya kepada perusahaan tersebut. Terlebih lagi perusahaan baru ini selalu mengupdate kualitasnya sehingga diakui oleh masarakat maka perusahaan baru tersebut menjadi perusahaan maju. Setelah perusahaan itu berkembang dan mempunyai omset tetap, maka tahap selanjutnya bisa kita buat sistem akuntansi untuk mencatat serta menganalisa arus kas perusahaan dalam periode tertentu baik dalam bentuk transaksi, piutang dll. Karena sesungguhnya Perusahaan bagus ialah perusahaan yang mempunyai arus kas positif. Apa jadinya  bila sebuah perusahaan ada Sistem Akuntansi tapi tidak ada transaksi yang ingin dicatat, jadi Saya tetap mengambil keputusan untuk mengedepankan sistem dalam proses produksi bahan – bahan mentah untuk keperluan perusahaan.
2.  Dari data tersebut dapat dianalisa bahwa contoh kasus tersebut masuk dalam level 4 sistem informasi yaitu Excecutive Information System ( EIS ) yang meliputi aplikasi-aplikasi yang berbentuk monitoring dan evalusai kinerja,dalam contoh kasus tersebut dijelaskan bahwa mempertimbangkan untuk menempatkan terminal-terminal pada pabrik dan terminal-terminal tersebut akan dihubungkan dengan komputer pusat IA dengan kemampuan akses inventaris, data pesanan dan perhitungan penerimaan akurat. Tentu saja dengan sistem dan fasilitas ini sangat memberikan keuntungan strategis yang nyata bagi perusahaan tersebut, karena fasilitas tersebut sangat memudahkan pengolahaan data secara banyak, proses pengiriman dan data pesanan. Dengan sistem monitoring terpusat ini juga membuat proses kerja antar cabang menjadi sistematis dan terkendali.

0 comments:

Posting Komentar